A. Pengertian Bisnis
– Bapak Peterson bersama
Plowman menjelaskan bahwa bisnis merupakan serangkaian kegiatan yang
berhubungan dengan penjualan ataupun pembelian barang dan jasa yang secara
konsisten berulang (a series of activities related to the sale or purchase
of goods and services that are consistently repeated). Menurut Peterson dan
Plowman, penjualan jasa ataupun barang yang hanya terjadi satu kali saja bukan
merupakan pengertian dari bisnis.
Selanjutnya
ditambahkan oleh Prof.L.R.Dicksee bahwa pengertian bisnis
adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh
keuntungan bagi yang yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam
terjadinya aktivitas tersebut.
"Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian bisnis adalah kegiatan atau
bentuk aktivitas penjualan jasa dan barang yang bertujuan utnuk mencari atau
memperoleh keuntungan kepada pihak yang berusaha yang berlangsung secara terus
menerus selama masih memberikan keuntungan".
B. Manfaat Bisnis
1. Memperoleh
Penghargaan/Pengakuan
Penghargaan ataupun pengakuan dapat
diperoleh dengan berbisnis. Dengan adanya bisnis yang berhasil dan tumbuh dan
berkembang serta memberikan dampak positif kepada masyarakat akan memberikan
anda pengakuan positif dari masyakat itu sendiri.
2. Kesempatan Untuk
Menjadi Bos bagi DIRI SENDIRI
Kapan lagi anda dapat menjadi bos untuk
diri sendiri kalau bukan di bisnis yang anda rintis dan buat sendiri. Dengan
berbisnis, anda akan menjadi penentu dan pemimpin dari bisnis anda. Besar
kecilnya bisnis anda ditentukan oleh kemampuan anda menjadi bos.
3. Menggaji diri
sendiri
Enak bukan, anda tentukan penghasilan
anda sendiri. Itulah manfaat membangun bisnis anda. Jumlah penghasilan dan juga
sumber penghasilan anda, anda yang tentukan.
4. Atur Waktu Anda
Sendiri
Jam kerja anda, anda yang atur. Itulah
manfaat berbisnis yang keren. Bila anda jadi PNS, jam kerja anda haruslah
sesuai dengan permintaan pemerintah. Bila anda menjadi pebisnis, jam kerja
menjadi lebih fleksibel. Bila anda lebih ingin bersantai, dengan penghasilan
bisnis yang naik, anda dapat merekrut pegawai untuk menggantikan anda.
5. Masa Depan yang
lebih cerah
Masa depan anda, bisa dikatakan anda
yang atur, semakin anda gigih dan semangat berbisnis, anda akan memiliki masa
depan yang lebih cerah.
C. Tujuan Bisnis
Setiap bisnis atau
perusahaan berusaha mengolah bahan untuk dijadikan produk yang dibutuhkan oleh
konsumen, produk dapat berupa barang atau jasa.Tujuan perusahaan membuat produk
adalah unruk mendapatkan laba, yakni imbalan yang diperoleh oleh perusahaan dari
penyediaan suatu produk bagi konsumen.
Pada umunya tujuan didirikannya bisnis
atau perusahaan tidak hanya profit oriented semata, namun
secara keseluruhan tujuan didirikannya perusahaan meliputi :
1. Profit
2.
Pengadaan barang atau jasa
3. Kesejahteraan
pemilik faktor produksi dan masyarakat
4. Full
employment
5.
Eksistensi perusahaan dalam jangka panjang
6.
Kemajuan atau pertumbuhan
7. Prestise dan prestasi
Meskipun tujuan utama mereka adalah
memperoleh keuntungan namun hal tersebut bukan berarti bahwa mereka tidak
mempunyai tujuan lain selain tujuan tersebut, masih banyak tujuan-tujuan para
pembisnis yang ingin mereka raih dan tujuan antara satu dan yang lainya bisa
saja berbeda. Tujuan lain yang ingin dicapai oleh pelaku bisnis itu diantaranya
:
· Ingin
mencukupi berbagai kebutuhannya
· Untuk
memakmurkan keluarga
· Ingin namanya
dikenal banyak orang
· Karena ingin
menjadi penerus usaha keluarga
· Ingin mencoba
hal baru
· Ingin
memanfaatkan waktu luang
· Ingin
mempunyai usaha sendiri dan tidak bekerja pada orang lain.
· Ingin mendapat
simpati. Dsb.
D. Fungsi Bisnis
Fungsi bisnis adalah
untuk menciptakan nilai (kegunaan) suatu produk, yang semula kurang bernilai,
setelah diubah atau diolah menjadi menjadi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat
/ konsumen. Nilai kegunaan (Utility Value) yang diciptakan oleh kegiatan
bisnis, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat adalah terangkum dalam
fungsi utama bisnis.
Fungsi utama bisnis
adalah menciptakan nilai suatu produk atau jasa dengan cara :
– Bisnis berfungsi
untuk mengubah bentuk bisnis(form utility), yang tidak lain dari fungsi
produksi
– Bisnis berfungsi
untuk memindahkan bentuk (place utility), atau fungsi distribusi
– Bisnis
mengubah pemilikan (possessive utility), yaitu fungsi penjualan
– Bisnis
berfungsi menunda waktu kegunaan. (time utility), atau fungsi pemasaran
Steinhoff menyebutkan ada
tiga fungsi utama bisnis, yaitu :
– Untuk mencari bahan
mentah (acquiring raw material)
– Untuk mengubah bahan
mentah menjadi barang jadi(manufacturing raw materials into product)
– Untuk menyalurkan
barang yang sudah jadi tersebut ketangan konsumen (distributing product to
consumers)
PROFILE IBM INDONESIA
International
Business Machines Corporation (disingkat IBM) adalah
sebuah perusahaan Amerika Serikat yang memproduksi dan menjual perangkat
keras dan perangkat lunak komputer. IBM didirikan pada 16
Juni 1911, beroperasi sejak 1888 dan berpusat di Armonk,
New York, Amerika Serikat.
Dengan
lebih dari 330.000 pegawai di seluruh dunia dan pendapatan US$96 miliar (angka
dari 2004), IBM adalah perusahaan teknologi informasi terbesar di dunia,
dan salah satu yang terus berlanjut dari abad 19. Dia memiliki teknisi dan
konsultan di lebih dari 170 negara dan laboratorium pengembangan yang berlokasi
di seluruh dunia, di setiap cabang ilmu komputer dan teknologi informasi;
beberapa dari mereka adalah pionir di bidang mulai dari komputer
mainframe ke nanoteknologi.
Mesin-mesin
dan produk IBM yang sukses adalah Mainframe dengan sistem 370 (pada
tahun 1960-an), IBM PC, AS/400 dan RS/6000
(1980-an), PowerPC CPU (1990-an, bekerja sama
dengan Motorola, – sekarang Freescale)
Dalam
tahun-tahun belakangan ini, pendapatan jasa dan konsultasi lebih besar dari
produksi. Samuel J. Palmisano dipilih
menjadi CEO pada 29 Januari 2002 setelah memimpin Jasa
Global IBM, dan menolongnya menjadi bisnis dengan “backlog” US$100 miliar di
2004.
Pada
2002 perusahaan ini menguatkan kemampuan nasihat bisnisnya dengan mengambil
alih perusahaan jasa konsultan tekemuka PricewaterhouseCoopers. Perusahaan
ini terus memfokuskan usahanya di konsultasi jawaban bisnis, jasa dan perangkat
lunak, dan juga menekankan chip harga tinggi dan teknologi perangkat
keras. Pada 2004 dia mempekerjakan sekitar 191.000 teknisi
profesional. Yang termasuk 300-400 Teknisi Terkenal dan 50-60 “IBM fellow”,
teknisi paling senior.
IBM
Research memiliki delapan laboratorium riset yang
terletak di belahan utara dunia, dengan setengahnya terletak di luar Amerika
Serikat. Pegawai IBM telah meraih lima penghargaan Nobel. Di Amerika, mereka
juga mendapatkan empat Penghargaan Turing, lima Medali Teknologi
Nasional, dan lima Medali Sains Nasional, dan juga banyak lagi di luar
Amerika.
Pada 1 Mei 2005, divisi PC IBM secara resmi diambil alih oleh perusahaan Lenovo yang berpusat
di Republik Rakyat Tiongkok.
CEO
IBM sekarang adalah Samuel J. Palmisano yang
menggantikan Louis V. Gerstner sejak
tanggal 29 Januari 2002. Louis V. Gerstner menjadi
CEO IBM selama 10 tahun menggantikan John Ackers yang
dipecat karena hampir membangkrutkan IBM pada tahun 1992. Sebelumnya Louis V.
Gerstner bekerja untuk Nabisco.
Visi dan Misi
Visi
Untuk menjadi IT disukai jasa Perusahaan penyedia dan diakui sebagai kontributor yang signifikan bagi keberhasilan Klien kami
MisiUntuk melengkapi IBM dalam menyediakan solusi TI yang komprehensif, dan memberikan kontribusi ke negara dalam menciptakan kesempatan kerja dan pengembangan sumber daya manusiaGuiding Principles
1. Untuk melengkapi IBM di pasar
2. Rangkullah Nilai IBM dan Pedoman Perilaku Bisnis
3. Terus menyediakan solusi yang efektif dan efisien
Visi
Untuk menjadi IT disukai jasa Perusahaan penyedia dan diakui sebagai kontributor yang signifikan bagi keberhasilan Klien kami
MisiUntuk melengkapi IBM dalam menyediakan solusi TI yang komprehensif, dan memberikan kontribusi ke negara dalam menciptakan kesempatan kerja dan pengembangan sumber daya manusiaGuiding Principles
1. Untuk melengkapi IBM di pasar
2. Rangkullah Nilai IBM dan Pedoman Perilaku Bisnis
3. Terus menyediakan solusi yang efektif dan efisien
1.
Jenis Jasa atau Barang Teknologi Informasi dan Komputer yang ditawarkan
Produk
dari IBM mencakup keseluruhan teknologi informasi :
1.
Perangkat keras
Mesin
server
o
System P (Server Unix)
o
System I (Dulu namanya AS/400)
o
System X (Server dengan Prosesor intel/AMD)
Teknologi
penyimpanan (storage) Pencetak
2.
Perangkat lunak
DB2:
pengelolaan data
WebSphere:
aplikasi dan penengah (middleware)
Tivoli:
pengelolaan sistem dan jaringan
Rational:
pembuatan aplikasi
Lotus:
kolaborasi dan portal
3.
Pelayanan (service)
Pelayanan
kelangsungan bisnis
Pelayanan
perubahan bisnis
Pelayanan
sistem aplikasi
Perawatan
komputer
Perawatan
perangkat lunak
situs
penjualan barang IBM :
2.
Luas Lingkup Area Bisnis IBM
Kompleks kantor pusat IBM terletak di Armonk, Town of
North Castle, New York, Amerika Serikat, dengan luas bangunan 26,300 m2. Kantor
ini ditempati IBM sejak tahun 1964. IBM juga memiliki dua belas laboratorium
penelitian di seluruh dunia—Almaden, Austin, Australia, Brazil, China, Dublin,
Israel, India, Tokyo, Watson (New York), Zurich and Nairobi—dengan Watson
sebagai markas pusat divisi riset dan menjadi pusat pertemuan tahunannya. IBM
juga memiliki IBM Scientific Center, Hursley House, the Canada Head Office
Building, IBM Rochester, dan the Somers Office Complex. Bangunan milik IBM, 330
North Wabash yang didesain oleh Ludwig Mies van der Rohe mendapatkan Honor
Award dari National Building Museum pada tahun 1990.
Dewan
Direksi IBM terdiri dari 14 anggota dan bertanggung jawab terhadap manajemen
perusahaan. Salah satu anggotanya, Cathie Black, mundur pada November 2010. 13
anggota lainnya adalah: Alain J. P. Belda ’08 (Alcoa), William R. Brody ’07
(Salk Institute / Johns Hopkins University), Kenneth Chenault ’98 (American
Express), Michael L. Eskew ’05 (UPS), Shirley Ann Jackson ’05 (Rensselaer
Polytechnic Institute), Andrew N. Liveris ’10 (Dow Chemical), W. James
McNerney, Jr. ’09 (Boeing), James W. Owens ’06 (Caterpillar), Samuel J. Palmisano
’00 (IBM), Joan Spero ’04 (Doris Duke Charitable Foundation), Sidney Taurel ’01
(Eli Lilly), and Lorenzo Zambrano ’03 (Cemex).
Cakupan
Wilayah
IBM
adalah perusahaan teknologi informasi terbesar di dunia, dan salah satu yang
terus berlanjut dari abad 19. Dia memiliki teknisi dan konsultan di lebih dari
170 negara dan laboratorium pengembangan yang berlokasi di seluruh dunia, di
setiap cabang ilmu komputer dan teknologi informasi; beberapa dari mereka
adalah pionir di bidang mulai dari komputer mainframe ke
nanoteknologi. Jadi, dapat dikatakan bahwa cakupan area bisnis IBM
sangatlah luas dan hampir tiap negara terdapat perusahaan IBM.
3.
Jumlah Pegawai IBM
Jumlah
karyawan: 426.750 orang
Penghasilan per karyawan: US$ 234.000
Perolehan laba per karyawan: US$ 34.750
Penghasilan per karyawan: US$ 234.000
Perolehan laba per karyawan: US$ 34.750
IBM
merupakan perusahaan teknologi terbesar ketiga di dunia berdasarkan
kapitalisasi pasar, setelah Apple dan Microsoft. IBM juga merupakan satu dari
hanya dua raksasa teknologi yang masuk daftar perusahaan dengan karyawan
terbanyak.
IBM
didirikan pada tahun 1911 dan kini memiliki karyawan yang tersebar di lebih
dari 200 negara. Pada tahun 2009, IBM mengumumkan PHK besar-besaran hingga
10.000 karyawan AS. IBM dituduh mengalihkan lapangan pekerjaan AS ke Asia dan Amerika
Selatan.
Pada
tahun 2004, IBM hanya mempekerjakan 9.000 orang di India tapi pada tahun 2010,
angka tersebut melonjak ke 75.000. Sebagai perbandingan, tenaga kerja AS
berkurang dari 135.000 menjadi 105.000 di waktu yang sama.
Sepanjang
tahun 2005 – 2010, IBM menambah lebih dari 97.000 karyawan di seluruh dunia.
Pendapatan perusahaan per karyawan berkurang US$ 42.000 lebih dibanding tahun
2005, tapi laba per karyawan naik hingga di atas US$ 10.000 pada periode
tersebut.
4.
Besar Omset Perusahaan IBM per Tahun
Menurut
wikipedia, survey pada tahun 2011 untuk pendapat per tahun yang diperoleh IBM
sekitar US$ 106,91 miliar.
Sumber Dan Referensi :
http://hariannetral.com/2015/06/pengertian-bisnis-manfaat-bisnis-dan-tujuan-bisnis.html
http://seftianfajar27.blogspot.co.id/2014/10/profil-perusahaan-yang-bergerak-di.html
http://dwinasl.blogspot.co.id/2013/04/profil-perusahaan.html
http://seftianfajar27.blogspot.co.id/2014/10/profil-perusahaan-yang-bergerak-di.html
http://dwinasl.blogspot.co.id/2013/04/profil-perusahaan.html
Comments
Post a Comment